Search Suggest

Berbagai Jenis Strategi Marketing

Berbagai Jenis Strategi Marketing

Lanjutan lagi dari artikel yang kedua mengenai markerting. 

Jenis Strategi Marketing yang terbaik

Jenis marketing yang berbeda-beda tentu membuat cara pengimplementasiannya berbeda pula, untuk lebih memahami ketiga hal tersebut, berikut adalah penjelasannya.

a. Berdasarkan Target Pasar

Salah satu hal penting yang mempengaruhi marketing strategy dan marketing plan adalah target pasar di dalam sebuah bisnis.

Hal ini dikarenakan dalam merencanakan dan proses pembuatan sebuah produk perusahaan harus memahami terlebih dahulu target pasar sehingga produk yang dibuat dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang dituju.

Sebagai contoh, derdasarkan target pasarnya, strategi marketing online shop dibagi menjadi empat jenis yaitu adalah:

    Business to Business (B2B), yang adalah teknik pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk menargetkan perusahaan lain atau bisnis kepada bisnis lainnya dengan menawarkan produk yang dapat memajukkan bisnis lain tersebut.

    Business to Consumer (B2C), adalah teknik pemasaran yang dilakukan untuk menargetkan konsumen masyarakat pada umumnya.

    Consumer to Consumer (C2C), teknik pemasaran yang ditujukan dari konsumen untuk konsumen lainnya.

    Business to Government (B2G), adalah teknik pemasaran yang dilakukan dari bisnis untuk instansi pemerintah

b. Berdasarkan Teknik Pemasaran

Seperti hal nya target pasar, teknik pemasaran juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat strategi maupun rencana pemasaran.

Hal ini dikarenakan teknik pemasaran menentukan persepsi konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Berdasarkan teknik pemasaran, marketing dibagi menjadi empat jenis yaitu adalah:

    Word of Mouth (WOM), jenis marketing ini mengutamakan lisan sebagai teknik pemasaran.

    Guerrilla Marketing, yaitu adalah teknik pemasaran gerilya yang tidak konvensional, memiliki potensi untuk menjadi pemasaran yang interaktif dan sengaja ditempatkan di tempat-tempat yang tidak terduga.

    Affiliate Marketing, teknik pemasaran dimana suatu bisnis atau perusahaan memberikan reward jika suatu afiliasi dapat membawa konsumen pada bisnis tersebut.

    Database Marketing, teknik pemasaran dengan memanfaatkan database konsumen yang berpotensi untuk kemudian mempromosikan produk dengan komunikasi pribadi.

c. Berdasarkan Alat yang Digunakan

Selain target pasar dan teknik pemasaran, alat yang digunakan untuk melakukan pemasaran juga merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi strategi dan rencana pemasaran.

Berdasarkan alat yang digunakan, marketing dibagi menjadi tiga jenis yaitu adalah:

    Telemarketing, yang adalah model pemasaran menggunakan telepon dimana penjual mengumpulkan sejumlah calon konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa.

    Digital Marketing, yaitu teknik pemasaran yang menggunakan saluran digital untuk mempromosikan produknya seperti televisi, internet, sosial media dan website.

    Direct Mail Marketing, yaitu teknik pemasaran langsung menggunakan brosur, surat promosi dan iklan jalanan.

Perlu diketahui bahwa marketing bukan hanya satu strategi saja, melainkan kombinasi dari banyak teknik dan taktik yang berbeda.

Selain itu, berikut adalah daftar beberapa strategi pemasaran penting untuk menyasar pasar lebih luas yang harus Anda ketahui:

    Email Marketing: Pemasaran Email adalah salah satu teknik yang paling menguntungkan dan efektif dalam hal pengembalian. Biasanya, ini terdiri dari mengirim email ke audiens Anda, tetapi pastikan untuk mendefinisikan segmen Anda dengan baik agar efektif.

    Mobile Marketing: Pemasaran Seluler adalah konsep luas yang menyatukan semua kampanye dan tindakan pemasaran yang berfokus secara eksklusif pada platform dan aplikasi seluler (yaitu ponsel cerdas dan tablet).

    Viral Marketing: Memiliki sesuatu yang viral adalah impian setiap perusahaan. Viral Marketing menyebar dari satu orang ke orang lain dan mampu berjalan sangat jauh dengan sangat cepat.

    Performance Marketing: Performance Marketing adalah metodologi yang menerapkan berbagai metode dan teknik pemasaran dan menjamin pengiklan bahwa mereka hanya perlu membayar untuk hasil yang dicapai.

    Inboud Marketing: Metode pemasaran ini berfokus pada pembuatan konten yang berharga untuk menarik lalu lintas yang berkualitas dan bekerja menuju penjualan akhir.

Strategi Pemasaran 4 P

Menurut E. J. McCarthy, strategi pemasaran 4P adalah rumus sederhana untuk mengidentifikasi dan bekerja dengan elemen penting dari strategi pemasaran Anda.

1. Produk

Memiliki produk adalah kunci dan merupakan akar dari semua hal pemasaran. Produk bisa menjadi apa saja yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memutuskan produk atau layanan Anda berdasarkan kebutuhan dan motivasi konsumen dan bagaimana produk tersebut akan bermanfaat bagi konsumen, bukan pada karakteristik fisik atau atribut objek.

2. Tempat

Lokasi penjualan yang strategis dapat berupa apa saja mulai dari toko online hingga saluran toko fisik di berbagai kota atau negara.

Tujuan dari strategi distribusi adalah untuk memungkinkan klien potensial memiliki akses mudah ke produk / layanan Anda serta menawarkan pengalaman yang baik selama proses pembelian.

3. Harga

Bagaimana menentukan harga produk dan layanan kami adalah bagian yang sangat penting dari strategi pemasaran.

4. Promosi

Strategi ini mengacu pada semua tindakan pemasaran dan komunikasi yang kami lakukan untuk menyebarkan manfaat dan karakteristik produk atau layanan kami di pasar sebagai cara meningkatkan penjualan.

Sumber Artikel : JURNAL

Posting Komentar